-->
Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Mei 2013

Beberapa Manfaat Memotong Kuku

    Cara membersihkan tubuh , selain kita harus mandi juga dengan membersihkan atau memotong kuku. Bagi orang Islam, memotong kuku memang salah satu sunah yang telah diperintahkan oleh nabi Muhamad SAW sejak zaman dulu.

    Syekh Muhammad bin Ismail Al-Muqaddam mengatakan, “Terdapat beberapa riwayat tentang tata cara memotong kuku. Memotong kuku ini bisa dilakukan di hari Kamis, Jumat, atau hari lainnya. Tidak terdapat dalil sahih yang memberikan batasan waktu memotong kuku dengan hari tertentu. Namun, umumnya ulama menganjurkan untuk melakukannya di hari Jumat. Mengingat, hari Jumat adalah hari raya mingguan. Demikian pula untuk memotong bagian tubuh yang kotor lainnya. Akan tetapi, tidak ada dalil yang mengkhususkan hal ini dengan waktu tertentu atau batasan tertentu. Karena itu, selama kuku ini layak untuk dipotong maka hendaknya seseorang memotonganya.” (Sunan Al-Fitrah, 3:3).
Manfaat Memotong kuku ialah:


1.         Menghindari kita dari penyakit pencernaan dan penyakit mata . Mikroba pathogen merupakan   perantara penyebaran penyakit , terutama penyakit pencernaan dan penyakit mata ini . Yang mengerikan mikroba jenis ini sering bersarang pada kuku kita ,terutama kuku yang panjang,dan pastinya kuku yang panjangmenjadi sarana akan mempertemukan kita dengan berbagai jenis penyakit .


        2.   Mencegah kita dari berbagai macam infeksi. Dengan memotong kuku yg melebihi jari, maka bagian kulit di bawah kuku dapat mudah dibersihkan, tidak cacat, dan jari-jari kita dapat mudah bekerja secara maksimal. Denagn kuku panjang, aktivitas kita dapat terganggu dan mungkin juga interkasi kita dengan orang lain menjadi kurang leluasa.

           3.  Menjauhkan penularan penyakit  kepada orang lain. Kuku yang kotor menyimpan banyak kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Jika tangan dan kuku kita kotor lalu berjabat tangan dengan orang lain, bukan tidak mungkin jika orang tersebut terkena penyakit karena berasal dari kuku kita.

Itulah beberapa manfaatnya tentunya kita harus rajin memotong kuku sob, agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Oke.

0 komentar

Posting Komentar